Informasi Pendaftaran TA 2024/2025
A. JALUR PENDAFTARAN
1. Jalur Prestasi Akademik
Jalur Prestasi Akademik adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi berdasarkan hasil tes wawancara, tes kesehatan dan prestasi akademik siswa dengan ketentuan sebagai berikut
- Berasal dari SMA/SMK semua jurusan lulusan tahun 2023
- Nilai minimal 65 untuk mata pelajaran IPA/IPS dan nilai rata-rata semua mata pelajaran minimal 75
- Bebas biaya pendaftaran dan berkesempatan untuk menerima beasiswa bebas DPP SOP
2. Jalur Prestasi Non Akademik
Jalur Prestasi Non Akademik adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi berdasarkan hasil tes Wawancara, tes Kesehatan dan prestasi non akademik yang dicapai siswa dengan ketentuan sebagai berikut
- Berasal dari SMA/SMK semua jurusan lulusan tahun 2023
- Memiliki prestasi non akademik dalam bidang seni, olahraga, sains dll. Minimal tingkat provinsi
- Bebas biaya pendaftaran dan berkesempatan untuk menerima beasiswa bebas DPP SOP
3. Jalur Reguler
Jalur Reguler adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi berdasarkan hasil Tes Wawancara dan Tes Kesehatan dengan ketentuan sebagai berikut
- Berasal dari SMA/SMK semua
- Bebas biaya pendaftaran
4. Jalur Tranfer RPL
Jalur Tranfer RPL adalah jalur penerimaan mahasiswa baru bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studi pada jenjang Diploma Tiga Keperawatan baik yang belum memiliki pengalaman kerja atau telah memiliki pengalaman kerja sebagai perawat minimal 2 tahun dengan ketentuan sebagai berikut
- Berasal dari lulusan Diploma Tiga Keperawatan
- Belum memiliki pengalaman kerja sebagai perawat atau sudah memiliki pengalaman kerja sebagai perawat minimal 2 tahun
- IPK Minimal 2,75
- Bebas biaya pendaftaran
B. SYARAT UMUM
- Lulus dari SMA/SMK/Dipoloma Tiga Keperawatan
- Lulus Ujian Seleksi berupa tes wawancara, tes kesehatan dan tes nilai rapor/transkrip nilai
- Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuna fisik, tidak ada gangguan pendengaranyang mengganggu proses belajar
- Bebas dari kecanduan obat terlarang/minuman keras
- Bebas dari tindakan Kriminal
- Sanggup mentaati ketentuan-ketentuan yang berlaku di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih Yogyakarta.
- Ijazah & tinggi badan
Program Studi |
Ijazah |
Tinggi Badan Pria |
Tinggi Badan Wanita |
Diploma Tiga Keperawatan |
SMA/SMK (Semua Jurusan) |
155 cm | 150 cm |
Sarjana Gizi | SMA/SMK (Semua Jurusan) | - | - |
Sarjana Keperawatan |
SMA/SMK (Semua Jurusan) Diploma Tiga Keperawatan |
155 cm | 150 cm |
C. RINCIAN BIAYA PENDIDIKAN
Biaya Pendaftaran
SEMUA PRODI | Biaya | |
1 | Jalur Prestasi, Jalur Reguler | Gratis |
Komponen Biaya Kuliah
1. Komponen Biaya Pendidikan
NO | KOMPONEN BIAYA | BIAYA |
1 | Pendaftaran Ulang | Rp 300.000 |
2 | PKKMB | Rp 500.000 |
3 | Uang Kuliah Dasar | Rp 1.680.000 |
4 | SKS Teori (Per SKS) | Rp 150.000 |
5 | SKS Laboratorium (Per SKS) | Rp 210.000 |
6 | Biaya Penunjang Pendidikan | |
Diploma Tiga Kep, Sarjana Kep, Sarjana Gizi | Rp 1.450.000 | |
Sarjana Kep Program Transfer | Rp 1.600.000 |
2. Komponen Diluar Biaya Pendidikan
NO | KOMPONEN BIAYA | BIAYA |
1 | Dana Sosial dan kesehatan (untuk 1 tahun) | Rp 100.000 |
2 | Seragam | |
Diploma Tiga Kep, Sarjana Kep, Sarjana Kep Program Transfer | Rp 1.600.000 | |
Sarjana Gizi | Rp 1.850.000 | |
3 | Nursing Kit | |
Diploma Tiga Kep, Sarjana Kep, Sarjana Kep Program Transfer | Rp 550.000 | |
Sarjana Gizi | - | |
4 | Dana Pengembangan Pendidikan | Rp 8.000.000 |
5 | Sumbangan Oprasional Pendidikan | |
Diploma Tiga Kep, Sarjana Gizi | Rp 9.000.000 | |
Sarjana Kep, Sarjana Kep Program Transfer | Rp 10.500.000 |
Keterangan
1. Tidak ada tambahan pembayaran lagi dalam 1 semester
2. Jumlah SKS Semester I
Program Studi |
Teori |
Praktik |
Diploma Tiga Keperawatan |
13 sks |
7 sks |
Sarjana Gizi | 18 sks | 2 sks |
Sarjana Keperawatan (Program Reguler) |
15 sks |
5 sks |
Sarjana Keperawatan (Program Transfer) |
14 sks |
6 sks |
3. Biaya Semester I sudah termasuk:
a. Uniform:
Prodi Diploma Tiga Keperawatan, Sarjana Keperawatan
Program Reguler dan Transfer: Seragam 6 Stel, Jas Almamater, Tas, Sepatu.
Prodi Sarjana Gizi: Seragam 6 Stel, Jas Almamater, Jas Lab, Apron dan Topi,Cempal, Tas, Sepatu.
b. Paket Modul yang digunakan selama pembelajaran semester I
c. Peralatan praktik klinik keperawatan/Nursing Kit
(Diploma Tiga Keperawatan, Sarjana Keperawatan)
d. Praktik laboratorium
4. Biaya Penunjang Pendidikan meliputi Uang Perpustakaan dan Internet, Uang Kemahasiswaan, Modul Pembelajaran
5. Biaya dapat dibayarkan secara bertahap (max 6x angsuran) dengan ketentuan
- Angsuran I : Rp 3.000.000 saat daftar ulang
- Angsuran II : -/+ 17,8 %
- Angsuran III : -/+ 17,8 %
- Angsuran IV : -/+ 17,8 %
- Angsuran V : -/+ 17,8 %
- Angsuran VI : -/+ 17,8 %
6 . Estimasi biaya per semester selanjutnya +/- Rp. 8.000.000 - Rp. 10.000.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya klinik, biaya makan saat klinik dan BHP (Bahan Habis Pakai)
7. Bagi yang berminat nggal di Asrama Putri Carolina, biaya Rp. 1.000.000 per bulan dan biaya pembinaan Rp. 400.000 per tahun.
D. DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN
1. Jalur Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik & Reguler
- Nilai Rapor SMA/SMK semester I-V yang telah dilegalisir
- Ijazah SMA/SMK & SKHUN yang telah dilegalisir (bagi yang sudah lulus)
- Formulir kesehatan * & Hasil tes HBsAg yang asli dari laboratorium
- Formulir wawancara yang telah diisi dan ditandatangani *
- Formulir pernyataan kebenaran dokumen *
- Bukti prestasi akademik (khusus jalur prestasi akademik : piagam/surat keterangan dari sekolah)
- Bukti prestasi non akademik (khusus jalur prestasi non akademik)
- Foto resmi berwarna ukuran 3x4
- KTP
2. Jalur Transfer Reguler dan Transfer RPL
- Transkrip nilai & Ijazah Diploma Tiga Keperawatan
- Formulir kesehatan* & Hasil tes HBsAg yang asli dari laboratorium
- Formulir wawancara yang telah diisi dan ditandatangani*
- Formulir pernyataan kebenaran dokumen*
- SK Pengangkatan sebagai perawat tetap (khusus jalur Transfer RPL)
- Foto resmi berwarna ukuran 3x4
- KTP
* template dapat di unduh di menu download formulir pendukung
E. ALUR PENDAFTARAN
F. VIDEO PANDUAN CARA MENDAFTAR SECARA ONLINE
G. JADWAL PENDAFTARAN (Update 1 Sept 2023)
GEL | PENDAFTARAN | UJIAN SELEKSI | PENGUMUMAN | REGISTRASI ULANG |
I | 1 Sept - 25 Okt 2023 | 27 Okt 2023 | 1 Nov 2022 | 1 Nov - 15 Nov 2023 |
H. REGISTRASI ULANG
Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lolos ujian seleksi diwajibkan melakukan registrasi ulang dengan mengupload dokumen sebagai berikut
- Surat pernyataan keuangan *
- Surat pernyataan akademik *
- Formulir ukuran seragam *
- Scan SKCK
- Scan akta kelahiran
- Bukti pembayaran ansuran pertama
* template dapat di unduh di menu download formulir pendukung
H. VIDEO TUTORIAL CARA REGISTRASI ULANG